Selasa, 30 Desember 2014

PENELITIAN EXSPOSFAKTO



Judul penelitian
STUDI PERBANDINGAN PEMBELAJARAN MATEMATIAKA ANTARA MEMAHAMI TEORI DENGAN MEMBACA DENGAN MEMPRAKTEKAN TEORI YANG DI DAPATNYA TERHADAP HASIL/PRESTASI BELAJARNYA SISWA KELAS IV SDN PANDEAN 3
1.      Variabel bebas : pembelajaran matematika antara membaca dan praktek
Vriabel terikat: hasil belajar matematika
2.      Devinisi oprasional variabel
Variabel  Bebas : perbandingan pembelajaran matemetiaka antara memahamai teori dengan membaca dan dengan mempraktekan teori yang di dapatnya
            Perbanndingan adalah suatu cara untuk mengetahui bagaimana siswa mendapatkan nilai antara memahami suatu pengajaran dengan mengunakan metode memahami teori yang menghasilkan suatu rangkaian kata yang menarik yang dapat diamati dan di kembangakan menjadi pengajaran yang relefan.
Siswa yang cenderung membaca adalah siswa yang banyak memaca teori yang didapatnya dan tidak mempraktakan apa yang sudah di dapatnya. Sehinga dapat dilaihan antara siswa yang cenderung mempraktekan apa yang di dapatnya di dalam pengajaran matematika dapat kelihatan bagaimana hasil/prestasi yang di hasilkan bisa kelihatan.
Sedangkan anak yang banyak mempraktean hasila belajar yang di dunakan berpengaruh pada guru yang melakukan evaluasi belajar sehingga dapat diimpulkan bahawa siswa yang banyak mempraktekan lebih ungul dari pada anak yang membaca. 
Secara operasional, metode perbandingan pengajaran matematika  memuat langkah-langkah sebagai berikut :
A.       Guru membuat rumus matematika sebanyak jumlah siswa yang ada di dalam kelas,
B.       Guru membagi rumus tersebut menjadi dua bagian yang sama,
C.       Pada rumus yang sudah ditulis di kasih soal yang berbeda, guru menuliskan pertanyaan tentang materi yang akan dipelajari. Setiap rumus berisi satu pertanyaan,
D.       Siswa menguraiakn ap yang sudah di tuis oleh guru kenudian mengumpulkanya.
E.        Guru membandimgkan peahaman yang dihasilakan dengan menarika kesimpun.
3.      Perumusan masalah
Apakah ada pengaruh hasil/prestasi antara memahami belajar dengan membaca dan mempraktekan dalam pembelajran matematika pada siswa kelas IV SDN PENDEAN III.??
4.      Rumusan hipotesis
Ada pengaruh antara  hasil/prestasi antara memahami belajar dengan membaca dan mempraktekanya hasil belajar di SDN PANDEAN 3 kelas iv.
5.      Tujuan pembelajaran
Untuk mengetahui pengaruh antara memahami pembelajaran dengan membaca san mempraktekan pada siswa kelas iv SDN PANDEAN 3
6.      Desain penelitian

Pengukuran (pre test)
Menggunakan metode Index Card Match
Pengukuran (post test)
Kelompok Percobaan

X-1
T-1
Kelompok Kontrol


T-1
Memilih beberapa siswa secara acak dari semua siswa di kelas IV SD pandean 3 yang akan melakukan percobaan dan kontrol, kelompok percobaan akan dilakukan pengajaran dengan membaca dan praktik sedangkan kelompok kontrol tidak, akan diukur hasil pembelajaran yang  menggunakan metode tersebut dan yang tidak, selanjutnya akan dihitung rata-rata dari masing-masing siswa dan dibuat statistik hasil belajarnya.



7.      Teknik analisis data
Teknik analisis data statistik t-test karena variabel bebas nominal dengan dua tingkatan yaitu kelompok ekperimen dan kelompok kontrol.

8.      Teknik pengumpulan data
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan test bentuk esai (uraian) untuk mengukur prestasi belajar siswa kelas IV SD Pandean 3.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar